Arsip

Prodi SRI akan bekali Lulusannya dengan Sertifikasi di bidang Fotografi

30 Jan Prodi SRI akan bekali Lulusannya dengan Sertifikasi di bidang Fotografi

Seiring dengan MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), dimana arus pertukaran barang, jasa, dan tenaga kerja di kawasan ini tak ada hambatan lagi. Maka, prodi Seni Rupa Intermedia pun terus berbenah diri. Pihak Manajemen Universitas pun telah memberikan dorongan untuk melengkapi lulusan Universitas Telkom dengan Sertifikasi. Masalahnya di bidang Seni memang terjadi silang pendapat dimana Sertifikasi dianggap bisa membatasi seni dan kreativitas. Dan terutama di bidang Seni sendiri belum banyak bidang yang siap untuk hal ini.

Di bidang Seni, salah satu yang telah mulai mengeluarkan sertifikasi adalah APFI. Ketua Harian APFI (Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia) Harry Rinaldi mengatakan “Sertifikat profesi yang harus dimiliki sesuai level kesetaraan yang diatur dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI),” KKNI terdiri dari Sembilan level. Untuk profesi fotografi, baru ada standar sertifikasi level 3 atau setara diploma satu (D1) dan level 5 yang disetarakan dengan diploma tiga (D3). Untuk KKNI level lainnya, Harry bilang, masih dalam penyusunan draf oleh APFI.

Di Indonesia sendiri sebagai pendidikan Formal, Fotografi sudah dibuka dalam jenjang S1, yaitu di ISI Yogyakarta dan Universitas Trisakti. Namun demikian, beberapa program studi lainnya pun memasukan mata kuliah fotografi kedalam Struktur Kurikulumnya, diantaranya DKV, Ilmu Komunikasi, dan Seni Rupa. Seni Rupa Intermedia Telkom University sendiri membuka matakuliah Fotografi I dan Fotografi II, dan ada perencanaan untuk memasukkan Mata Kuliah Dark Room (Laboratorium) kedalam struktur kurikulumnya. Hal ini sejalan dengan sifat Seni Intermedia yang banyak bertumpu pada kerja teknis di bidang teknologi pemrosesan Foto dan Video/Film.

Seiring dengan visi universitas dalam menyambut MEA, serta hal-hal di atas. Prodi Seni Rupa Intermedia bertekad untuk juga membekali lulusan prodi kedepannya dengan sertifikasi di bidang Fotografi tersebut, paling tidak level 3 atau level 5 KKNI. Untuk diketahui bahwa lulusan Sarjana setara dengan KKNI level 6, sehingga hal tersebut dinilai dapat memberikan nilai tambah bagi lulusan prodi Seni Rupa Intermedia Telkom University.

No Comments

Post A Comment